Thursday, February 3, 2011

AXIOO NEON


Notebook AXIOO NEON ini datang dengan kondisi mati total dan tanpa power supply. Menurut yang membawa ke BRAGA SERVICE power supplynya rusak. Setelah saya periksa kejanggalan pertama yang saya lihat adalah casing di sekitar jack dc meleleh. Ini berarti terjadi overheat dan percikan bunga api yang disebabkan oleh longgarnya jack DC tersebut. Selang berapa lama setelah menunggu antrian, notebook AXIOO ini saya bongkar. Prakiraan awal saya ternyata benar. Hal ini dikuatkan oleh menghitamnya area disekitar input DC. Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut ternyata jack DC nya rusak. Setelah dilakukan penggantian dan saya coba menggunakan power supply multi, ternyata masih ada masalah lain, yaitu lampu power supply meredup yang menandakan bahwa masih ada yang short di motherboardnya.




Pengecekan lanjutanpun dilakukan. Dan pada akhirnya sampai pada sebuah dioda yang menjumper arus DC dan ground rusak (bocor).

Menurut kesimpulan saya rusaknya dioda ini mengakibatkan rusaknya powersupply karena terjadi short yang tidak segera diketahui oleh pemakainya. Akibatnya terjadi arus balik dan powersupply rusak.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites