Sunday, February 20, 2011

LCD SAMSUNG SYNCMASTER BLANK


Banyak masyarakat awam beranggapan kalau LCD monitor blank itu yang rusak adalah layar LCDnya, dan bahkan banyak orang beranggapan kalau LCD monitor atau LCD TV tidak bisa diperbaiki. Seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu, salah seorang famili datang dengan membawa LCD SAMSUNG blank. Dia beranggapan kalau LCDnya sudah tidak bisa diperbaiki dan akan beli LCD baru.

Setelah yang punya pulang saya bongkar LCDnya. Ternyata layar putih yang nampak sebelum LCD dibongkar itu berasal dari neo LCD. Dan layar LCDnya sendiri mati total. Seperti biasa menggunakan kaca pembesar saya cari jalur dan solderan yang retak. Tahap berikutnya adalah melakukan penggantian pada kapasitor-kapasitor yang kering dan menggembung.
Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan LCD saya nyalakan. Tidak ada perubahan.

Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan arus dengan menggunakan avo meter. Pertama saya periksa semua arus keluar di power supplynya, dan semuanya normal. Saya periksa kabel-kabel yang menghubungkan power supply-blok videao-dan LCD semuanya juga normal. Kemudian saya periksa arus yang masuk ke LCDnya. Pada saat saya melakukan pemeriksaan di soketnya ada arus sebesar 5 volt. Kemudian saya ikuti jalur 5 volt tersebut, dan akhirnya saya mendapati sebuah R yang besarnya 1 ohm putus. Tanpa pikir panjang saya lakukan penggantian dan LCD saya nyalakan. Dan akhirnya pekerjaan selesai dengan menyalanya LCD tersebut dengan sempurna.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites